1.PENGERTIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

          
            Istilah rekayasa perangkat lunak (RPL) secara umum d sepakati sebagai terjemahan  dari istilah software Engineering. Istilah software Engineeering mulai dipopulerkan pada tahun 1968 pada software engineering Conference yang di selenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPLhanya sebatas bagaimana membuat program komputer. padahal ada perbedaan yang mendasar  antara perangkat lunak (software) dengan program komputer.


          perangkat lunak adalah seluruh perintah yanmg d gunakan untuk memoeroses informasi. perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur.progaram adalah  kumpulan perintah yang di mengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yangdi butuhkan oleh pengguna dalam memperoses informasi (o'Brien,1999) pengertian RPL sendiri adalah sebagai berikut:

         Suatu di siplin ilmu  yang membahas semua aspek produksi prangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah d gunakan.

         jelasa lah bahwa RPL itu tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan progaram komputer. pernyataan "semua aspek produksi" pada pengertian d atas, mwempunyai arti semua hal yang berhubugan dengan proses produksi seperti manajemen proyek,penentuan ponsel, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas  sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.


2.TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

      Secara umum tujuan  RPL tidak  berbeda dengan bidang rekayasa yang lainya.
mari kita lihat ganbar berikut ani !
  dari gambar tersebut dapat d artikan bahwa bidang rekayasa perangkat lunak akn selalu berusaha menghasilkan output yang kinerjanya tinggi, biaya  rendah  dan waktu  penyelesaian yang tepat , Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah :

a.   Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah .
b.   Menghasilkan perangkat lunak  yang kinerjanya tinggi, andai, dan tepat waktu.
c.    Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
d.   Menhasilkan perangat lunak yang biaya perawatannya rendah.


3.RUANG LINGKUP

    Sesuai definisi yang telah d sampaikan  sebelumnya,maka ruang lingkup RPL dapat di gambarkan sebagai berikut:

-Soft ware requiremets berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
-Software design mencakup  proses  penentuan arsitektur , komponen, antar muka, dan karakterristik lain dari  perangkat lunak.
-Software contruction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma , pwengkodean , dan pencarian kesalahan.
-Software testing meliputi pengujian pada  keseluruhan perilaku perangkat lunak,.
-Software maintenance mencakup upaya" perawatan ketika perangkat lunak  telah di operasikan.
-Software konpiguration management berhubungan dengan usaha  konpigurasi perangkat lunak unrtuk          memenuhi kebutuhan tertentu.
-Software engineering  management berkaitan dengan pengelolaan dan  pengukuran RPL,termasuk perencanaan proyek  perangkat lunak.
-Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu  dan metode RPL.
-Ssoftware engineering process  berhubungan  dengan devinisi , implementasi, pengukuran, pengelolaan , perubahan, dan pembaikan  proses RPL,
-software  quality menitikberatkan pada kualitas dan daur  hidup perangkat lunak.

Copyright © SundaNiesBlog Template Design by RzaaL 1306